Peninggalan Sejarah Kota Jakarta


Jakarta adalah ibu kota Indonesia yang menyimpan sejuta sejarah sekaligus menjadi saksi bisu bangsa Indonesia merebut kemerdekaannya. Maka sudah tak asing lagi jika di setiap sudut kota Jakarta terdapat bangunan-bangunan yang ber arsitektur zaman dahulu. Salah satu nya adalah bangunan bersejarah yang terletak di kawasan Kota Tua, atau tepatnya di Jalan Taman Fatahillah No.1, Jakarta Barat. Peninggalan sejarah Kota Jakarta sejak  zaman prasejarah, masa kejayaan pelabuhan Sunda Kelapa, era penjajahan, hingga ke masa setelah kemerdekaan bisa kita nikmati dan pelajari di Museum-museum yang terletak di kawasan Kota Tua ini.

Museum yang paling terkenal yaitu Museum Fatahillah, Gedung Museum yang berdiri saat ini awalnya merupakan Balai Kota (Stadhuis) yang di resmikan oleh Gubernur Jendral Abrahan Van Riebeeck pada tahun 1710. Baru pada tahun 1968,gedung secara resmi diserahkan kepada Pemda DKI Jakarta dan di resmikan sebagai Museum Sejarah Jakarta pada tanggal 30 Maret 1974 oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.

Source : Pribadi

Museum Fatahillah ini menyimpan 23.500 koleksi barang bersejarah, baik dalam bentuk benda asli maupun replika. Diantaranya yaitu Prasasti Ciaruteun peninggalan Tarumanagara, Meriam Si Jaguar, Patung Dewa Hermes, sel tahanan dariUntung Suropati dan Pangeran Diponegoro. Selain itu, terdapat koleksi mebel antik peninggalan abad ke-17 hingga abad ke-19, sejumlah keramik, gerabah dan prasasti. Koleksi yang di pamerkan ke publik hanya sekitar 500 buah saja, sedangkan sisanya di simpan dalam ruang penyimpanan. Secara berkala, koleksi ini dirotasi sehingga dapat dilihat oleh masyarakat.

Senin, 22 April 2019 Saya dan teman-teman kelas Multimedia dan Komunikasi Visual 101 berkesempatan untuk mengunjungi Kota Tua yang yang sudah di agendakan sebelum nya oleh Dosen tercinta Kami yaitu Ibu Kusmayanti untuk Outing Class Mata Kuliah Fotografi. Kami pun dipisah secara berkelompok dan diberi tugas untuk mengambil gambar bangunan-bangunan bersejarah yang ada di Kota Tua ini. Cuaca pagi itu sangat cerah yang membuat kami sangat kepanasan, alhasil tidak terlalu banyak gambar yang kami ambil.

MKV 101 2018

Sayangnya kami tidak bisa masuk ke dalam Museum Fatahillah dikarenakan Kami berkunjung pada hari Senin yang mana semua Museum yang ada di Kawasan Kota Tua di tutup. Semoga dikesempatan berikutnya saya maupun teman-teman saya bisa masuk ke dalam Museum Fatahillah untuk mempelajari peninggalan-peninggalan sejarah Kota Jakarta.


Sekian artikel yang saya tulis, semoga bermanfaat dan dapat menambah Ilmu Pengetahuan tentang Sejarah Kota Jakarta. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Media Cetak

Contoh Berita Novelty atau Berita yang tidak Lazim

Jawaban UAS Strategi Kreatif Iklan Semester 2