Jawaban UAS Strategi Kreatif Iklan Semester 2

Nama                          : SETIANEU MUGNI UTAMI
NIM                            : 180333070007
Mata Kuliah              : STRATEGI KREATIF IKLAN

Program                     : MULTIMEDIA KOMUNIKASI VISUAL
Semester                     : 2
Kelas                           : MKV - 101
BentukUjian              : PRAKTEK
WAKTU                    : 200 menit
SKS                            : 4 SKS
Nama Dosen              : KUSMAYANTI, S.E,M.M.
Tipe                            : A
 

1. Analisa SWOT untuk produk pendidikan Politeknik LP3I Jakarta        adalah sebagai berikut :

-         Strenght (Kekuatan) : Sebagai institut pendidikan Politeknik LP3I Jakarta mempunyai kekuatan yaitu setiap mahasiswa yang bekuliah di LP3I dijamin akan langsung kerja bahkan sebelum lulus sudah ditempatkan di perusahaan, untuk sistem pendidikaan nya juga LP3I berbeda dengan sistem pendidikan kampus lain.

-         Weakness (Kelemahan) : Tidak hanya kekuatan yang LP3I miliki tetapi juga kelemahan, yaitu dengan biaya yang lebih mahal dari pada kampus lain, selain itu kelamahan nya yaitu kurang adanya promosi sehingga masih asing di telinga masyarakat.

-         Opportunity (Kesempatan) : Politeknik LP3I Jakarta juga memiliki banyak kesempatan untuk para lulusan sekolah menengah atas maupun kejuruan yang akan berkuliah dan ingin cepat kerja.

-         Threat (Ancaman) : Ancaman untuk LP3I adalah dengan adanya kampus kampus swasta yang sudah terkenal di kalangan masyarakat, dan kebanyakan anak sekolah memilih tempat kuliah negeri yang terkenal daripada berkuliah di tempat yang tidak terkenal. 

2.  Gambar A :
-         Strategi Kreatif dari iklan KFC di atas ini adalah KFC mempunyai strategi untuk mengenalkan produk burger yang didalam nya ditambah potongan ayam khas KFC dengan kriuknya. Selain mengiklankan produk Burger, KFC juga mengiklankan produk Pepsi dan French Fries nya dibawah untuk menarik perhatian orang untuk membeli.

-         Eksekusi Kreatif yang dilakukan KFC adalah dengan menampilkan produk yang diiklankan yaitu Burger dengan potongan ayam krispi didalamnya, lalu menambahkan tulisan Zuper Krunch dengan font yang sesuai. Dikata Krunch dan kriuk nya diberi efek seperti ada kriuk kriuk dari ayam KFC.
Tidak lupa KFC juga menambahkan harga yang ukuran nya besar tetapi diatas harga ditambahkan kata start from yang artinya harga dimulai dari harga Rp. 20.000 bukan 20.000. Flash juga ditambahkan oleh KFC untuk lebih menarik perhatian orang. Dan tidak lupa informasi tentang KFC seperti sosial media no telpon ditambahkan di bawah.  
Gambar B : 
-         Strategi Kreatif yang di staregikan oleh Pasta Gigi Formula adalah untuk memberitahu masyarakat jika pasta gigi Formula adalah pasta gigi yang mampu menjadikan gigi kuat dan mampu mengurangi rasa sakit dari gigi sensitif.

-         Eksekusi Kreatif yang dilakukan Pata gigi Formula adalah dengan  memilih memasang iklan di billboard Formula memilih bakground putih dan menampilkan seorang laki-laki yang sedang mengigit bahan dari iklan untuk billboard, terlihat seorang laki-laki itu mengigit dengan kuatnya mengunakan giginya yang bersih dan kuat karena menggunakan pasta gigi Formula. Kemudian, tidak lupa di bawah ditambahkan produk Pasta gigi dari Formula dan tulisan builds strong teeth untuk memberitahu masyarakat jika pasta gigi ini mampu membuat gigi kuat dan bersih. Tidak lupa ditambahkan perusahaan yang menaungi Formula yaitu Orang Tua (OT).
 3. Naskah Iklan Radio Politeknik LP3I Jakarta
Keterangan :
FVO : Nanda
MVO : Fachri
SFX : Sound Efek

Dialog :
FVO : “Alhamdulillah, yeeeeaaaayyy besok aku udah mulai kerja (sambil melihat surat di terima bekerja )” SFX Bahagia
MVO : “ Kenapa sih bahagia banget ?”
FVO : “ Ini ri aku keterima kerja di perusahaan yang aku mau (nada bahagia)”
MVO : “Hah? (Kaget) bukannya kamu masih kuliah ya?”
FVO : “Iya emang aku masih kuliah tapi aku kuliah nya bukan di tempat kuliah biasa”
MVO : “Emang dimana? Ko bisa masih kuliah udah dapet kerja?”
FVO :” Aku tuh kuliah di Politeknik LP3I Jakarta, tau nggak?”
MVO :” Hah LP3I? Apa tuh?”
Narator :” Sebagai lembaga pendidikan yang berorientasi kerja, yang memiliki jaringan Perusahaan yang tersebar luas di seluruh Indonesia, LP3I senantiasa meningkatkan kualitas layanan dan kualitas pendidikannya. LP3I akan meningkatkan kualitas hard skill (Bahasa Inggris, Akuntansi, Komputer, Export-Import dan lain – lain) dan soft skill (karakter) serta wawasan tentang kewirausahaan Saudara. Semua itu bertujuan agar Saudara mampu memenangkan persaingan dalam dunia kerja serta memiliki kemampuan untuk menjadi wirausaha – wirausaha muda yang handal”
MVO :” Ohh gitu, kalau gitu taun depan aku daftar kuliah ke LP3I ahh..”
FVO :” Iya dong.. Mau kuliah langsung Laku? LP3I ajaa...”
Jinggle LP3I 

4. Poster


 Post Instagram





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Media Cetak

Contoh Berita Novelty atau Berita yang tidak Lazim