Jawaban UAS Strategi Kreatif Iklan Semester 2
Nama
:
SETIANEU MUGNI UTAMI
NIM : 180333070007
Mata
Kuliah : STRATEGI KREATIF
IKLAN
Program : MULTIMEDIA
KOMUNIKASI VISUAL
Semester : 2
Kelas : MKV - 101
BentukUjian : PRAKTEK
WAKTU : 200 menit
SKS : 4 SKS
Nama
Dosen :
KUSMAYANTI, S.E,M.M.
Tipe : A
1. Analisa SWOT untuk produk pendidikan Politeknik LP3I Jakarta adalah sebagai berikut :
-
Strenght (Kekuatan) :
Sebagai institut pendidikan Politeknik LP3I Jakarta mempunyai kekuatan yaitu
setiap mahasiswa yang bekuliah di LP3I dijamin akan langsung kerja bahkan sebelum
lulus sudah ditempatkan di perusahaan, untuk sistem pendidikaan nya juga LP3I
berbeda dengan sistem pendidikan kampus lain.
-
Weakness (Kelemahan)
: Tidak hanya kekuatan yang LP3I miliki tetapi juga kelemahan, yaitu dengan
biaya yang lebih mahal dari pada kampus lain, selain itu kelamahan nya yaitu kurang
adanya promosi sehingga masih asing di telinga masyarakat.
-
Opportunity (Kesempatan)
: Politeknik LP3I Jakarta juga memiliki banyak kesempatan untuk para lulusan
sekolah menengah atas maupun kejuruan yang akan berkuliah dan ingin cepat kerja.
-
Threat (Ancaman) :
Ancaman untuk LP3I adalah dengan adanya kampus kampus swasta yang sudah
terkenal di kalangan masyarakat, dan kebanyakan anak sekolah memilih tempat
kuliah negeri yang terkenal daripada berkuliah di tempat yang tidak terkenal.
2. Gambar A :
-
Strategi Kreatif dari
iklan KFC di atas ini adalah KFC mempunyai strategi untuk mengenalkan produk
burger yang didalam nya ditambah potongan ayam khas KFC dengan kriuknya. Selain
mengiklankan produk Burger, KFC juga mengiklankan produk Pepsi dan French Fries
nya dibawah untuk menarik perhatian orang untuk membeli.
-
Eksekusi Kreatif yang
dilakukan KFC adalah dengan menampilkan produk yang diiklankan yaitu Burger
dengan potongan ayam krispi didalamnya, lalu menambahkan tulisan Zuper Krunch
dengan font yang sesuai. Dikata Krunch dan kriuk nya diberi efek seperti ada
kriuk kriuk dari ayam KFC.
Tidak lupa KFC juga menambahkan harga yang ukuran nya
besar tetapi diatas harga ditambahkan kata start from yang artinya harga
dimulai dari harga Rp. 20.000 bukan 20.000. Flash juga ditambahkan oleh KFC
untuk lebih menarik perhatian orang. Dan tidak lupa informasi tentang KFC seperti
sosial media no telpon ditambahkan di bawah.
Gambar B :
-
Strategi Kreatif yang
di staregikan oleh Pasta Gigi Formula adalah untuk memberitahu masyarakat jika
pasta gigi Formula adalah pasta gigi yang mampu menjadikan gigi kuat dan mampu
mengurangi rasa sakit dari gigi sensitif.
-
Eksekusi Kreatif yang
dilakukan Pata gigi Formula adalah dengan memilih memasang iklan di billboard Formula
memilih bakground putih dan menampilkan seorang laki-laki yang sedang mengigit
bahan dari iklan untuk billboard, terlihat seorang laki-laki itu mengigit
dengan kuatnya mengunakan giginya yang bersih dan kuat karena menggunakan pasta
gigi Formula. Kemudian, tidak lupa di bawah ditambahkan produk Pasta gigi dari
Formula dan tulisan builds strong teeth untuk memberitahu masyarakat jika pasta
gigi ini mampu membuat gigi kuat dan bersih. Tidak lupa ditambahkan perusahaan
yang menaungi Formula yaitu Orang Tua (OT).
3. Naskah Iklan Radio Politeknik LP3I Jakarta
Keterangan :
FVO : Nanda
MVO : Fachri
SFX : Sound Efek
Dialog :
FVO : “Alhamdulillah,
yeeeeaaaayyy besok aku udah mulai kerja (sambil melihat surat di terima bekerja
)” SFX Bahagia
MVO : “ Kenapa sih
bahagia banget ?”
FVO : “ Ini ri aku
keterima kerja di perusahaan yang aku mau (nada bahagia)”
MVO : “Hah? (Kaget) bukannya
kamu masih kuliah ya?”
FVO : “Iya emang aku masih
kuliah tapi aku kuliah nya bukan di tempat kuliah biasa”
MVO : “Emang dimana?
Ko bisa masih kuliah udah dapet kerja?”
FVO :” Aku tuh kuliah
di Politeknik LP3I Jakarta, tau nggak?”
MVO :” Hah LP3I? Apa
tuh?”
Narator :” Sebagai
lembaga pendidikan yang berorientasi kerja, yang memiliki jaringan Perusahaan
yang tersebar luas di seluruh Indonesia, LP3I senantiasa meningkatkan kualitas
layanan dan kualitas pendidikannya. LP3I akan meningkatkan kualitas hard skill
(Bahasa Inggris, Akuntansi, Komputer, Export-Import dan lain – lain) dan soft
skill (karakter) serta wawasan tentang kewirausahaan Saudara. Semua itu
bertujuan agar Saudara mampu memenangkan persaingan dalam dunia kerja serta
memiliki kemampuan untuk menjadi wirausaha – wirausaha muda yang handal”
MVO :” Ohh gitu,
kalau gitu taun depan aku daftar kuliah ke LP3I ahh..”
FVO :” Iya dong.. Mau
kuliah langsung Laku? LP3I ajaa...”
Jinggle LP3I
Komentar
Posting Komentar