Jawaban UTS Srtategi Kreatif Iklan


Nama                                      : Setianeu Mugni Utami
Dosen                                      : KUSMAYANTI, S.E, M.M.
Mata kuliah                           : Strategi kreatif iklan
Kelas                                       : MKV 101

JAWABAN
1)      Creative Thinking atau Berfikir secara Keratif adalah kemapuan mental dan berbagai jenis keterampilan khas manusia yang dapat melahirkan pengungkapan yang unik, berbeda, orisinal, baru, indah, efisien, tepat sasaran, dan tepat guna. Untuk bisa berfikir kreatif kita harus mengetahui alurnya terlebih dahulu yaitu :
·         What it is : Apa ini atau produk apa ini ?
·         Who it’s for : Untuk siapa produk ini?
·         How it works : Bagaimana ini bekerja ?
·         Who are you talking to : Dengan siapa kamu membicarakan produk mu?
·         How to Access : Bagaimna cara mengakses produk mu ?
·         What you need : Apa yang Kamu butuhkan ?

2)      Analisis SWOT Produk Susu Ultra Jaya
    1.   Kekuatan (Strength) 
- SDM yang besar dan terlatih
- Harga produk yang kompetitif
- Keadaan distribusi dan pangsa pasar
- Loyalitas konsumen terhadap produknya
- Brand Image
- Pertumbuhan penjualan
- Keadaan distribusi dan pangsa pasar
2.    Kelemahan  (Weakness) :
- Ketersediaan bahan baku
- Biaya produksi yang tinggi
- citra negatif akibat ditemukannya kaki katak dalam produk kemasan
3.   Kesempatan (Opportunity):
- Meningkatnya daya beli konsumen telah membuat produk-produk makanan menjadi lebih terjangkau oleh masyarakat luas. Sebagai perusahaan makanan dan minuman yang terkemuka di Indonesia, Susu Ultrajaya berada pada posisi yang sangat menguntungkan dengan kondisi tersebut.
- Dengan keunggulan posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar, peluncuran produk-produk baru untuk mengisi celah pasar yang ada, dan tekad bulat kami terhadap kualitas terbaik, akan memastikan bahwa perusahaan ini dapat meraih pangsa pasar yang lebih besar di Indonesia di masa mendatang.
4.   Ancaman (Threat) :
- kebijakan pemerintah
- Masuknya para pesaing baru
- Fluktuasi nilai tukar rupiah
- Iklim yang dapat menjadikan produksi susu sapi tidak baik
- pesaing produk untuk susu kemasan
- Membuat inovasi baru terhadap produk yang dapat bersaing dengan perusahaan lain.
3)      Iklan Advertorial LP3I Jakarta Kampus Depok       
 
Politeknik LP3I Jakarta Kampus Depok
Fenomena tidak terampungnya lulusan pendidikan tinggi, di dunia kerja bukan cerita milik era tahun 2000-an saja. Bila dirunut kebelakang, sebenarnya gejala tersebut sudah mulai muncul ke permukaan sekitar dua puluh tahun sebelumnya.
Atas dasar itulah, maka Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) didirikan pada 29 Maret 1989 dengan kampus pertama di Pasar Minggu Jakarta Selatan. Selanjutnya, bermula dari program kursus 6 bulan, LP3I kemudian mengembangkan sayapnya menjadi lembaga pendidikan profesi (1-2 tahun), hingga akhirnya pada tahun 2003 sebagian LP3I yang ada sudah menjadi Politeknik yaitu Bandung, Jakarta dan Medan, sedangkan dalam proses pengurusan Politeknik baru untuk daerah Makassar dan daerah lain akan segera menyusul.                                                                  
  Politeknik LP3I Kampus Depok adalah salah satu Cabang dari LP3I Jakarta. Yang mana di Kampus Depok ini memiliki 4 Jurusan Kuliah yaitu Administrasi Perkantoran, Komputerisasi Akuntansi, Informatika Komputer, dan Multimedia Komunikasi Visual. Dengan memiliki 4 Jurusan tersebut LP3I Kamous Depok mampu bersaing dengan kampus yang lain.

4)      Iklan Layanan Masyarakat Hidup Sehat Tanpa Rokok



5)      Naskah Iklan Radio Produk Soyjoy

Nama Klien     : PT.Amerta Indah Otsuka
Merek/Brand   : SoyJoy

Script :
Ket : - FVO 1 (Nina)
         -   FVO 2 (Vina)
Disuatu kantin sekolah terdapat siswa-siswi yang sedang makan dan ada seorang siswi yang tidak makan karena sedang diet.

Nina : “ bruukkkk brrukkk aduhh lapar juga yaa..”(SFX perut Keroncongan)
Vina : “ Kenapa nin ? Kalau lapar ya tinggal makan lah !”
Nina : “ Nah itu dia masalahnya aku lagi diet niihh,  jam makan aku nanti sore “
Vina : “ Hah diet?? Itu diet apa nyiksa diri sihh “
Nina : “hmmm (sedih)”
Vina : “ Gini deh aku punya solusi nya, niihh makan SoyJoy aja ini tuh snack yang less calory jadi aman buat yang lagi diet”
Nina : “ Waaaahhh.. beneran vin? “
Vina : “ Iyaaa.. udah nih makan aku kasih gratis buat kamu “
Nina :” uuummmm enak juga yaa.. rasanya tetap manis meskipun less calory “

Narator : “ Soyjoy merupakan snack tinggi serat dan protein, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan serat dan protein harian. Soyjoy juga sangat bagus digunakan bagi kalian yang sedang menjalankan program diet karena less calory.” (Backsound Happy)

Nina :” Makasih ya vin, sekarang aku gausah khawatir kelaparan lagi karena diet.”
Vina : “ Iya nin sama sama”

Narator : “ Live Your Healthy Life With SoyJoy !”(Backsound Happy)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Media Cetak

Contoh Berita Novelty atau Berita yang tidak Lazim

Jawaban UAS Strategi Kreatif Iklan Semester 2